Selasa, 06 Desember 2011

Proposal Kegiatan

PROPOSAL KEGIATAN PONDOK RAMADHAN
SMK NEGERI 1 PONOROGO




Disusun oleh :

1.      Wawan harianto     (098 554 305)
2.      Agnes dwi kurnia   (098 554 308)
3.      Ririn amalia            (098 554 312)
4.      Arum astriasih        (098 554 321)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011



PROPOSAL KEGIATAN PONDOK RAMADHAN
SISWA BARU KELAS X SMK N 1 PONOROGO
DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA PONOROGO


HALAMAN PENGESAHAN


Proposal ini disahkan dan disetujui oleh :











Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                 Ketua Panitia





Wawan Harianto, S.Pd, M.Pd                                                         Agnes Dwi  K



PROPOSAL KEGIATAN
PONDOK RAMADHAN SISWA KELAS X1
SMKN 1 PONOROGO
2010 - 2011

                                              I.      LATAR BELAKANG
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, dan tiada Tuhan selain Allah. Shalawat serta salam tersampaikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa Akhlaq yang terpuji dengan Cahaya(Nur)-Nya. Serta salam sejahtera kepada seluruh manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan, amin.
Kemajuan suatu bangsa selalu diiringi oleh pergeseran budaya baik ke arah positif maupun negatif. Arus globalisasi yang semakin deras dan orientasi individu yang semakin duniawi dipandang memerlukan upaya pembendungan moril secara serius. Pondok Ramadhan dipandang dapat menjadi solusi paling tepat untuk menjadi tanbih bagi individu modern yang semakin men-Tuhan-kan aspek-aspek duniawi agar tidak semakin meninggalkan nilai-nilai Agama.
Generasi muda penerus bangsa khususnya anak-anak selalu harus mendapat perhatian dan bimbingan serius untuk dapat menjadi generasi yang lebih kreatif,  mandiri, berwawasan luas dan memiliki moral yang tinggi. Pondok Ramadhan merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia khususnya yang hingga saat ini telah banyak memberikan kontribusi dalam pembentukan moral mereka. Selain menanamkan nilai-nilai Islam, pondok ramadhan membekali mereka dengan berbagai norma sosial positif yang kemudian hari menjadi bekal moril dalam menyongsong masa depan mereka. Hal tersebut yang melatar belakangi kami OSIS SMK Negeri 1 Ponorogo menyusun proposal kegiatan Pondok Ramadhan untuk Kelas X SMK Negeri 1 Ponorogo ini.






                                           II.      NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertajukan “ Pondok Ramadhan”
                                        III.      TEMA KEGIATAN
Tema umum kegiatan ini ialah “ Membentuk Pribadi yang Religius”
                                        IV.      TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai berikut :
1.      Meningkatkan pengetahuan agama terhadap siswa
2.      Membentuk jiwa kepemimpinan siswa
3.      Membentuk solidaritas dan mempererat persaudaraan antar siswa
                                           V.      SASARAN KEGIATAN
Kegiatan ini ditujukan kepada :
·         Siswa baru SMKN 1 Ponorogo angkatan 2010 yang berjumlah 120 orang sebagai peserta dan sasaran utama kegiatan.
·         OSIS SMKN 1 Ponorogo sebagai panitia pelaksana kegiatan.
                                        VI.      PELAKSANAAN
1.      Waktu
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dua malam, pada tanggal  12 – 14 Agustus 2011
2.      Tempat
Pondok Darul Huda Ponorogo

                                     VII.      BENTUK & RANGKAIAN KEGIATAN
1.      Bentuk Kegiatan
                                                              i.      Menginap di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo
Bermalam di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo selama dua malam, dengan setting acara yang secara umum bertujuan memupuk rasa kebersamaan persaudaraan antar peserta.
                                                            ii.      Pemberian materi keagamaan
Upaya penanaman nilai-nilai keagamaan dan menambah pengetahuan tentang hikmah Ramadhan
                                                          iii.      Tadarus
Mengetahui tingkat kelancaran membaca Al – Qur’an
2.      Rangkaian Kegiatan


JUM'AT, 12 Agustus 2011
08.00 – 09.00
Check in Peserta
09.00 – 09.30
Upacara Pembukaan
09.30 – 10.30
Pembentukan kelompok tidur
10.30 – 11. 30
Pemberian materi di kelas
11.30 – 13.00
Istirahat – Sholat Dzuhur
13. 00 – 15.00
Tadarus Al- Qur’an dan sholat Azar
15.00 – 19.00
Istirahat ( mandi, buka bersama, sholat)
19.00 – 21.00
Materi dan Tadarus
21.00 – 02.00
Tidur




SABTU, 13 Agustus 2011
02.30 – 04.00
Makan sahur
04.00 – 05.00
Sholat Subuh dan Kultum
05.30 – 06.30
Jalan – jalan pagi
07.00 - 08.00
Mandi
08.00 - 10.00
Materi Tartil Qur’an
10.00 - 12.00
Leadership Games
12.00 - 13.30
Istirahat - Sholat – Tadarus
13.30 - 15.00
Materi “Berpikir kritis”
15.00 – 16.00
Sholat Ashar dan Tadarus
16.00 – 17.00
Istirahat dan mandi
17.30 - 19.00
Buka bersama dan Sholat
19.00 – 21.00
Materi
21.00 - 23.00
Malam Puncak
23.00 – 02.30
Tidur




MINGGU, 04 NOPEMBER 2007
02.30 – 04.00
Makan Sahur
04.00 – 05.00
Sholat Subuh dan Kultum
05.30 - 07.00
Jalan Santai
07.00 - 08.00
Istirahat dan Mandi
08.00 - 08.30
Persiapan pulang
08.30 - 09.00
Upacara Penutupan Kegiatan & Sayonara
09.00 - selesai
Back to school
























                                  VIII.      PANITIA PELAKSANA
Adapun struktur Panitia Pelaksana kegiatan ini adalah sebagai berikut :
Pelindung
Kepala Sekolah
Wawan Harianto, S.Pd, M.Pd
Penanggungjawab
Pembina OSIS
Ririn Amalia, S.Pd
Ketua Panitia
Agnes Dwi Kurnia
Arum Astriasih
Sekretaris
Shinta Yuningtias
Bendahara
Devi Anggraeni
Seksi Acara
Helmia Asyatri
Regina Melati
Nindyo Intansari
Shofia Rahmawati
Seksi Keamanan
Hizbul Waton
Darmawan Mukhlis
Abu Bakar
Ade Marsid
Yuristian Mahadi
Seksi Transportasi
Muhammad Hisyam
Audy Fahd
Frizik Syuhad
M. Wildan
Seksi HUMAS
I Putu Eka A.
Rizky Frisca Arini
Ahyaul Afif
Isma Rustam

Seksi Dekorasi
Arfan Fahmi
Flaviano
Liriyanti
Seksi Publikasi & Dokumentasi
Alfina Nuril Qisma
Dian Kusuma
Inggrid Cristiansend
Masyhuri
Qurotul Aini
Seksi Konsumsi
Iqbal Zakaria
Sunarya Jaya Prasetya
Dewi Fitri
Tya Gita
Seksi Kesehatan
Riska Mardiasih
Mutia Galuh Rizki
Octy Feniza
Yeni
Beta
Seksi Perlengkapan
Husnul Murtadlo
Nicko
Galih Wicaksono
Vina Ika

                                        IX.      ANGGARAN BIAYA
Sumber Biaya
Adapun sumber biaya pelaksanaan kegiatan ini selain dari pihak Universitas dan pihak lain, kepanitian mengenakan biaya kontribusi kepada peserta dan panitia dengan rincian sebagai berikut : 

Peserta            : @ Rp. 100.000,- x 121 orang          : Rp.  12.100.000,-
Panitia            : @ Rp.   30.000,- x   45 orang          : Rp.    1.350.000,-
Estimasi kas kepanitiaan                                          : Rp.  13.450.000,-

·             Rincian Biaya Kontribusi Peserta per-individu :
ü  Konsumsi selama tiga hari dan dua malam   : Rp. 45.000,-
ü  Kaos kegiatan                                               : Rp. 25.000,-
ü  Transportasi                                                   : Rp. 15.000,-
ü  Dana kegiatan & Insentif pemateri               : Rp.   6.000,-
ü  Sertifikat kegiatan                                         : Rp.   3.000,-
ü  Notebook kegiatan                                        : Rp.   2.000,-
ü  Kesehatan                                                     : Rp.   1.500,-
ü  Stiker kegiatan                                              : Rp.   2.500,-  +
Total biaya yang dikenakan                                : Rp.100.000,-

·             Rincian Biaya Kontribusi Panitia per-individu :
ü  Kaos panitia                                                  : Rp.  20.000,-  
ü  Konsumsi                                                      : Rp.  10.000,-  +
Total biaya yang dikenakan                                : Rp.  30.000,-


a.      SEKRETARIS
                                                              i.      Kertas HVS                            1 rim                Rp.  40.000
                                                            ii.      Fotocopy
1.      Surat izin orang tua     121 lbr             Rp.    9.500
2.      Undangan pemateri     3 lbr                 Rp.       500
3.      Angket Peserta            130 lbr             Rp.  13.000
4.      Dokumentasi               2 bendel          Rp.  50.000
5.      Lain-lain                      -                       Rp.  20.000

                                                          iii.      Notebook Besar                      1 buah             Rp.    5.000
                                                          iv.      Penjilidan Dokumentasi          2 bendel          Rp.  30.000
Total Anggaran                                              Rp. 93.000,-

b.      BENDAHARA
                                                              i.      Kwitansi Pembayaran             6 buah             Rp.       6.000
                                                            ii.      Notebook Besar                      1 buah             Rp.       5.000
                                                          iii.      Slip Pengambilan Dana           2 buah             Rp.     10.000
                                                          iv.      Kaos Peserta   @25.000         121 buah         Rp.3.025.000
                                                            v.      Kaos Panitia    @25.000         45   buah         Rp.1.125.000
                                                          vi.      Stempel Tanda Lunas             1     buah         Rp.     15.000
Total Anggaran                                              Rp.4.186.000,-

c.       SEKSI  ACARA
                                                              i.      Notebook, @2.000                 130 buah         Rp.  200.000
                                                            ii.      Dana Insentif Pemateri                                   Rp.  300.000
                                                          iii.      Permainan                                                       Rp.  100.000
                                                          iv.      Malam Puncak                                                Rp.  200.000
Total Anggaran                                              Rp.  800.000,-

d.      SEKSI  TRANSPORTASI
                                                              i.      Transportasi Peserta
Bus            @350.000       2  armada        Rp.   700.000
                                                            ii.      Transportasi Kepanitiaan
Truck                                 1 unit               Rp.   200.000
                                    Total Anggaran                                              Rp.   900.000,-


e.       SEKSI  HUMAS
                                                              i.      Stopmap                                  20 buah           Rp.  20.000
                                                            ii.      Amplop                                   1 doz               Rp.    5.000
                                                          iii.      Amplop Besar                         5 buah             Rp.    5.000
                                                          iv.      Ongkos Transportasi               -                       Rp.  70.000
Total Anggaran                                              Rp.100.000,-


f.       SEKSI  KEAMANAN
                                                              i.      Teritorial
1.      Bambu                         3 lonjor            Rp.  40.000
2.      Tali Rafia                    3 bal                Rp.  15.000
                                                            ii.      Lampu Senter                          2 buah             Rp.  40.000
                                                          iii.      Baterai Besar                           6 buah             Rp.  20.000
Total Anggaran                                              Rp.115.000,-

g.      SEKSI PUBLIKASI & DOKUMENTASI
                                                              i.      Pamflet Edaran
1.      Print bewarna              5 lbr                 Rp.  30.000
2.      Spanduk Latex            1x3 m2            Rp.100.000
                                                            ii.      Dokumentasi              
1.      Roll Film                     2 roll                Rp. 30.000
2.      Cetak Foto                  2 roll                Rp. 40.000
Total Anggaran                                              Rp.200.000,-

h.      SEKSI DEKORASI
                                                              i.      Spanduk Latex(1x2 m2)         1 buah             Rp.  80.000
                                                            ii.      Spanduk Kain(1x3 m2)           2 buah             Rp.  50.000
                                                          iii.      Backdrop Latex(2x3 m2)        1 buah             Rp.200.000
                                                          iv.      Kayu Reng                              4 lonjor            Rp.  60.000
Total Anggaran                                              Rp.390.000,-


i.        SEKSI KONSUMSI
                                                              i.      Makan           
Peserta      @ 4 x Rp. 5.000 x 121 org     Rp.2.420.000
Panitia      @ 4 x Rp. 5.000 x 45 org       Rp.   900.000
                                                            ii.      Snack
Malam Terakhir  Rp. 2.000 x 121 org   Rp.  242.000
Pemateri               Rp. 3.000 x 5 org       Rp.    15.000
                                                          iii.      Minuman                                                       Rp.  100.000
Total Anggaran                                              Rp. 3.677.000,-


j.        SEKSI KESEHATAN
                                                              i.      Obat-obatan siap guna                                                Rp.   50.000
                                                            ii.      Lain-lain                                                          Rp.   30.000
Total Anggaran                                              Rp.   80.000,-

k.      SEKSI PERLENGKAPAN
Biaya Penyewaan
                                                    i.        Terpal 3 x 4m2, @15.0000         4 buah             Rp.   60.000
                                                  ii.        Galon + Waterpump                   4 buah             Rp.   40.00
                                                iii.        Lampu Neon                               5 buah             Rp.   52.500
                                                iv.        Sound System     (amplifier, speaker, mic)          Rp. 200.000
Pembelian
Total Anggaran                                                  Rp. 352.500,-
                       








Total Anggaran Kepanitiaan

·         Sekretaris                                                  Rp.        93.000,-
·         Bendahara                                                Rp.   4.186.000,-
·         Seksi Acara                                               Rp.  1.360.000,-
·         Seksi Transportasi                                    Rp.    900.000,-
·         Seksi HUMAS                                          Rp.    100.000,-
·         Seksi Keamanan                                      Rp.     115.000,-
·         Seksi Publikasi & Dokumentasi              Rp.     200.000,-
·         Seksi Dekorasi                                          Rp.     390.000,-
·         Seksi Konsumsi                                        Rp   3.677.000,-
·         Seksi Kesehatan                                       Rp.       80.000,-
·         Seksi Perlengkapan                                  Rp.     352.500,--
TOTAL ANGGARAN                                Rp. 12.290.500,-
















                                           X.      PENUTUP
Pondok Ramadhan secara umum bertujuan untuk menjalin dan mempeerat tali persaudaraan antar siswa baru, serta mengajak untuk menilik indahnya kebersamaan dari sisi yang berbeda. Melalui kegiatan ini diharapkan terciptanya academic culture dengan solidarisme yang harmonis dan serasi untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas sekaligus memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi yang memiliki nilai religius
Dengan semangat ”Spread ur wings, fly over the edge” project proposal kegiatan ini kami buat, agar dapat menjadi gambaran secara umum mengenai kegiatan yang akan kami laksanakan. Kami berharap segenap pihak terkait dapat mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan banyak terima kasih. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar